5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya

Cara merebus daun pepaya
 
Sahabat kuliner, daun pepaya merupakan salah satu sayuran hijau favorit masyarakat Indonesia. Mengingat daun pepaya memiliki rasa pahit yang cukup kuat, tak sedikit orang yang ragu dalam mengonsumsinya. Daun pepaya bisa dimasak menjadi berbagai macam menu masakan, seperti tumis daun pepaya, buntil, urap atau bisa juga buat lalapan.
 
Untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya dan menjaga warnanya tetap hijau segar, ada beberapa cara perebusan yang bisa dicoba. Daun pepaya memiliki rasa pahit yang khas tetapi jika diolah secara benar, pahitnya bisa berkurang bahkan hilang.
 
Berikut ini cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

1. Direbus dengan tanah liat atau lempung
Didihkan air, masukkan daun pepaya dengan campuran air dan lempung. Rebus hingga matang, kemudian angkat dan cuci sampai bersih. Saat mencuci, pastikan tidak ada sisa tanah liat pada daun pepaya. Cara ini merupakan cara tradisional yang dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.


2. Direbus bersama daun jambu biji
Didihkan air, masukkan daun pepaya bersama beberapa lembar daun jambu biji lalu rebus hingga daun papaya matang. Daun jambu biji bisa mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.

3. Direbus bersama air asam jawa
Didihkan air secukupnya masukkan air asam jawa dan daun pepaya, rebus hingga matang. Setelah matang angkat, cuci sampai bersih dan peras. Rasa pahit daun pepaya bisa dinetralisir menggunakan asam jawa.

4.Direndam dengan garam dapur
Potong – potong daun papaya kemudian remas dengan garam dapur, diamkan beberapa saat setelah itu cuci hingga bersih dan rebus sampai empuk. Setelah matang cuci kembali kemudian peras. Rasa asin yang dimiliki oleh garam dapur dapat mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.

5. Direbus bersama daun singkong
Didihkan air, masukkan daun pepaya dan daun singkong secara bersamaan kemudian rebus hingga matang.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Selanjutnya daun pepaya sudah bisa diolah sesuai selera .

Semoga bermanfaat, Happy cooking.
 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak